Konsumsi jamur bisa mencegah penurunan daya ingat orang lanjut usia. Namun, belum ada bukti kaitan langsung jamur dan fungsi otak. Studi oleh tim peneliti dari Nasional University of Singapore ( NUS ) itu melibatkan 663 orang dewasa Tionghoa berusia lebih dari 60 tahun yang diet pada 201-2017.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Alzheimer’s Disease itu menemukan, konsumsi lebih dari dua porsi jamur sepekan menekan risiko gangguan kognitif 50 persen. Gangguan kognitif ringan membuat orang pelupa dan soal berbahasa.

Sebuah penelitian baru yang menarik mengatakan bahwa orang lanjut usia yang makan jamur secara teratur cenderung menekan gangguan kognitif ringan (MCI).
MCI biasanya dipandang sebagai penurunan penuaan normal dan penurunan demensia yang lebih serius. Lansia yang menderita MCI sering kehilangan memori atau mungkin juga lupa akan bahasa yang hendak diucapkan, perhatian dan kemampuan visuospatial.

” Kaitan ini mengejutkan, ” kata asisten profesor Lei Feng, penulis utama studi dari Departement of Psychological Medicine NUS, Kamis ( 14//3/2019 ). Jamurialah sumber pangan kaya ergothioneine, antioksidan, dan antiradang, serta nutrisi melindungi saraf.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.