Terjawab sudah ” teka-teki ” yang ditinggalkan fisikawan genius Albert Einstein ( 1879-1955 ) hampir 90 tahun silam. ” Teka-teki ” yang dimaksud bukanlah pertanyaan seputar teori-teori fisika yang dibuat Einstein, melainkan satu halaman manuskrip yang hilang dari koleksi tulisan di Universitas Hebrew, Jerusalem. Universitas itu mengumumkan, Rabu ( 6/3/2019 ), bahwa mereka telah menemukan satu halaman yang hilang itu.

Albert Einstein.  Foto : Getty Images

Beberapa halaman naskah Albert Einstein, saat ini dipajang di Givat Ram Hebrew University of Jerusalem.  Teka-teki terkenal dari fisikawan teoritis paling terkenal di dunia, Albert Einstein, telah terpecahkan, setelah satu halaman yang hilang ditemukan. Halaman tulisan tangan, bagian dari lampiran makalah 1930 yang ditulis oleh pemenang Nobel tentang teori lapangan terpadu itu terdapat di halaman 110. Foto :  Getty Images

Halaman berisi tulisan tangan ini merupakan bagian dari apendiks karya tulis tahun 130 tentang upaya Einstein merumuskan teori medan terpadu ( unified field theroy ). Halaman itu ditemukan di antara koleksi arsip setebal 110 halaman yang diterima Universitas Hebrew dua pekan lalu. Hanoch Gutfreund, penasihat keilmuan pada arsip-arsip Einstein di Universitas Hebrew, mengatakan hampir semua dokumen itu telah diketahui para peneliti dan tersedia dalam bentuk salinan.

Namun, miturut Gutfreund, apendiks setebal 8 halaman dari karya tulis teori medan terpadu itu belum pernah diterbitkan meski salinannya beredar di kalangan peneliti. ” Dalam salinan yang kami miliki itu, ada satu halaman yang hilang,dan itu jadi masalah. Itulah teka-tekinya, ” jelas Gutfreund.

AP / SAM.