Olahraga adalah cara utama untuk menurunkan berat badan, tetapi justru hal ini yang paling sulit dilakukan orang gemuk. Ilmuwan Inggris dan Brasil menemukan, latihan interval intensitas tinggi adalah olahraga tercepat menguruskan badan. Salah satu bentuk latihan interval intensitas tinggi yang populer adalah latihan fisik tabata.

Pelatihan Tabata ditemukan oleh ilmuwan Jepang Dr. Izumi Tabata dan tim peneliti dari Institut Nasional Kebugaran dan Olahraga di Tokyo. Tabata dan timnya melakukan penelitian pada dua kelompok atlet. Kelompok pertama dilatih pada tingkat intensitas sedang sedangkan kelompok kedua dilatih pada tingkat intensitas tinggi. Kelompok intensitas sedang bekerja lima hari seminggu selama total enam minggu. Setiap latihan berlangsung satu jam. Kelompok intensitas tinggi bekerja empat hari seminggu selama enam minggu. Setiap latihan berlangsung empat menit dan 20 detik ( dengan istirahat 10 detik di antara setiap set ).

Latihan tabata merupakan kombinasi gerakan fisik antara lain push-up, squat jump, dan gerakan fisik lain. Penelitian berjudul ” Apakah Latihan Interval adalah Peluru Ajaib untuk Menghilangkan Lemak? Tinjauan Sistematis dan Analisis Meta Membandingkan Pelatihan Kontinu Intensitas Sedang dengan Latihan Interval Intensitas Tinggi ” itu dimuat di British Journal of Sports Medicine yang juga dipublikasikan Sciencedaily.com pada 14 Februari 2019.

Fara Rosenzweig menulis artikelnya di active com, ada banyak gaya latihan yang mungkin pernah Anda dengar selama bertahun-tahun dan semuanya dimaksudkan untuk membantu Anda mencapai tujuan kebugaran Anda. Anda mungkin ingin menambah kekuatan, menurunkan berat badan, meningkatkan fleksibilitas atau membangun otot. Apa pun tujuan Anda, sebagian besar program latihan dapat membantu Anda mencapainya, selama Anda tetap tekun berlatih.

Sumber : Kilas Iptek / ( * BUR ).