Pasukan Swiss Vatican, tentara berseragam warna-warni yang bertugas menjaga Paus, bakal merasa lebih nyaman dengan helm baru. Helm lama mereka, terbuat dari bahan metal, akan diganti dengan helm berbahan termoplastik dan dibuat dengan printer 3_D. Helm baru itu dibagikan kepada pasukan, Selasa ( 22/1/2019 ), bersamaan dengan ulang tahun ke-513 pembentukan Pasukan Swiss Vatican tahun 1506.

Helm baru sedang dicat terbuat dari termoplastik. Helm baru didistribusikan ke korps pasukan Swiss Vatican pada hari Selasa. Pembagian helm baru bertepatan dengan peringatan ke 513 pembentukan pasukan Swiss Vatican sebagai kekuatan tentara bayaran pada tahun 1506.

Anggota Pasukan Swiss Vatican terlihat memakai helm baru sebelum Paus memberikan pesan Francis ” Urbi et Orbi ‘di Vatikan, 25 Desember 2018. Helm baru, yang terbuat dari termoplastik, dibagikan kepada korps pada hari Selasa.  Vatikan telah memesan 120 helm untuk tahun 2019. Pasukan Swiss Vatican berjumlah 110 orang mengenakan seragam upacara garis-garis kuning, merah dan biru. Biasanya mereka mengenakan pakaian polos seragam biru dengan baret di kepalanya.

Seorang anggota Pasukan Swiss Vatican yang tak mau disebut namanya mengagumi helm logam barunya saat sedang mencobanya. Foto : Associated Press / Plinio Lepri

Helm baru dan helm lama sebenarnya identik. Hanya saja, helm baru tersebut mencantumkan lambang Paus Julius II, yang pertama kali menggunakan koprs Pasukan Swiss Vatican sebagai penjaga dirinya. Kelebihan dari helm baru tersebut di antaranya tidak mudah panas di bawah sinar matahari, lebih ringan, dan lebih nyaman.

Situs Swissinfo.ch menyebutkan, berat helm lama 2 kilogram, sementara berat helm baru 570 gram. ” Pasukan penjaga tidak akan banyak berkeringat, ” ujar Urs Breitenmoser, juru bicara Vatican.

Reuters / SAM.