Punya wajah mirip dengan figur publik terkenal, apalagi seperti tokoh pemimpin negara, banyak manfaatnya. Hal ini dialami penyanyi Afghanistan, Abdul Salam Maftoon. Wajah pria berusia 28 tahun ini benar-benar hampir sama dengan wajah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Andai keduanya disejajarkan, mungkin orang akan bilang seperti pinang dibelah dua. Maftoon, yang tujuh tahun lalu masih menjadi penyanyi di acara perkawinan di kampungnya, pun menjadi selebritas dadakan di negaranya. Ketenaran diperoleh Maftoon setelah ia datang ke Kabul, mengikuti lomba pencarian bakat musik di televisi Bintang Afghanistan yang diikuti peserta dari seantero negeri itu.

Abdul Salam Maftoon mengatakan kemiripan wajahnya dengan Justin Trudeau telah meningkatkan peluangnya untuk memenangkan kontes musik Afghan Star. Semula dia penyanyi kampung yang menghibur tamu saat acara pernikahan keluarga Afghanistan. Wajah Abdul Salam Maftoon memang mirip dengan wajah Perdana Menteri Kanada setelah muncul di Afghan Star   Foto : Wakil Kohsar / AFP / Getty

“Orang-orang lupa nama saya dan sekarang mereka memanggil saya ‘Justin Trudeau’,” kata Maftoon kepada AFP. Senyumnya yang cerah memperlihatkan dua gigi depan berlapis emas. Saya tidak tahu apa-apa tentang Justin Trudeau sampai saya melihat foto-foto di media sosial. Kemiripannya telah meningkatkan peluang saya untuk memenangkan kompetisi pencarian bakat sebesar 50 persen.

” Orang-orang kini memanggil saya Justin Trudeau dari Afghanistan. Setelah datang ke Kabul, saya jadi sangat terkenal. Orang-orang minta foto bersama saya, ” katanya.

Dan, gara-gara kemiripannya dengan PM Trudeau itu, kata salah satu juri, Maftoon berpeluang besar menjuarai lomba pencarian bakat musik tersebut. ” Satu-satunya harapan saya, Perdana Menteri Trudeau mau mengundang saya ke Kanada, lalu saya bisa tampil di konser sana untuk menyanyikan lagu-lagu Afghanistan, dan Perdana Menteri nonton langsung konser saya, ” katanya.

Reuters / SAM.