Cacat tubuh dan usia lanjut tak menghambat Xia Boyu ( 70 ) menggapai mimpi-mimpinya. Xia, yang diamputasi kedua kakinya dan menderita kanker, mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan saat dia menggunakan dua kaki palsu dan helm berjalan mendaki Gunung Shenxianju di Provinsi Zhejiang, China timur. XIa, miturut Globalnews.cn, Kamis ( 17/1/2019 ), pertama kali diamputasi setelah mendaki Gunung Qomolangma.

Kakinya membeku karena dia memberikan kantong tidurnya kepada rekan setim. Yang menarik, setelah pulih dari amputasi kedua dan kanker, Xia kembali mendaki gunung. China News melaporkan, Xia adalah penderita difabel pertama yang dapat mendaki Gunung Qomolangma.

Xia Boyu pendaki gunung asal Tiongkok yang kakinya diamputasi telah tiba di Nepal. Saat mendaki Gunung Qomolangma kakinya membeku dan harus diamputasi.

Usia sudah lanjut tidak membuat Xia Boyu patah semangat. Ia telah mendaki Gunung Shenxianju Provinsi Zhejiang, China Timur.

Xia Boyu, pendaki gunung yang kakinya diamputasi dari Tiongkok. telah melakukan tiga upaya lain untuk mendaki gunung sejak 2014. Upaya terakhirnya telah menyebabkan kegagalan pada 2016 karena cuaca buruk setelah mencapai ketinggian sekitar 100 meter di bawah puncak. Foto VCG

Pencapaian Xia mengilhami ribuan netizen. Mereka memuji dan mengapresiasi tekadnya

“Pria tangguh ini adalah Hemingway China, dia bisa menulis versi China dari The Old Man and the Sea, tetapi dengan menyebut The Old Man dan Mount Qomolangma, ” tulis seorang netizen.

JOS.