Sesuai julukannya, ” Negeri Gajah Putih “, wajar jika di Thailand kerap dijumpai gajah. Namun, gajah yang satu ini bikin kaget warga setempat. Seekor gajah di wilayah Chanthaburi, Thailand bagian timur, tiba-tiba merambah jalan raya yang mempunyai delapan jalur dan permukiman warga.

Kejadian ini berlangsung pada malam hari dan direkam dengan kamera video oleh seorang warga, seperti dilansir laman UPI, Selasa ( 8/1/2019 ). Insiden itu memaksa kendaraan-kendaraan yang melintas di jalan raya itu berhenti. Warga setempat makin was-was setelah gajah itu berjalan mondar-mandir dari pekarangan dan garasi satu rumah ke rumah lain.

Para saksi mata yang terkejut melihat seekor gajah liar masuk permukiman warga di Chanthaburi, Thailand malam hari. Sebelum masuk kampung, gajah melintas jalan raya delapan jalur. Penduduk Chanthaburi lalu memanggil penjaga taman nasional agar gajah bisa dihalau ke luar kampung, masuk kembali ke habitatnya.

Warga pun memanggil petugas taman nasional, yang belakangan dapat menghalau gajah itu masuk kembali ke habitatnya. Miturut petugas tersebut, gajah berusia 25 tahun itu sedang mengalami periode agresif dan berkembangnya hormon pemicu kemarahan.

Kemungkinan, lanjut petugas, gajah itu terdesak masuk kota dari habitatnya akibat ulah gajah jantan lainnya yang bersaing merebut perhatian gajah betina. Semacam musim birahi bagi gajah-gajah itu. Gawat juga, ya…..

 

SAM.