Ini cerita manusiawi dari simpanse penghuni Kebun Binatang Liar Qinghuangdao di Provinsi Hebei, China, yang direkam dengan kamera video seorang pengunjung, dan dilansir laman UPI, Kamis ( 29/11 ). Salah satu dari dua simpanse dalam kandang di kebun binatang itu semula mengambil tongkat untuk swafoto, biasa disebut tongsis ( tongkat narsis ), milik seorang pengunjung dari balik jeruji kandangnya. Melihat hal tersebut, seekor simpanse yang lain merebut tongsis itu dari rekannya seolah mengatakan, ” Kamu tidak berhak memiliki benda yang bukan hak kamu. ”

Simpanse di Kebun Binatang Liar Qinghuangdo tahu diri setelah mengembalikan tongsis kepada pemiliknya. Sebagai gantinya simpanse meraih ranting kayu panjang dan memegangnya seakan-akan ranting kayu panjang itu tongkat telepon pintar yang baru saja dia pegang sebelumnya.

Simpanse itu lalu mengembalikan tongsis kepada pengunjung melalui celah-celah jeruji kandang. Yang masih suka mengambil barang bukan haknya harus malu dengan simpanse itu. Nah…..

SAM.