Penyelenggara Shenzhen Half Marathon di China, Sabtu ( 1/12/2018 ), mendiskualifikasi 258 pelari karena curang. Kamera pemantau polisi lalu lintas Shenzhen menangkap beberapa pelari mengambil jalan pintas dengan melintasi median berhutan untuk memotong lintasan. Pihak penyelenggara mengatakan, 18 pelari ditemukan memiliki nomor BIB palsu, sementara tiga orang lainnya menyewa orang untuk tampil berlari menggantikan mereka di garis akhir lomba.

Hampir 250 pelari di Half-Marathon Shenzhen berlaku curang setelah kamera lalu lintas menangkap mereka mengambil jalan pintas melalui semak-semak.
Tiga pelari berlaku curang sementara 18 peserta lainnya ditemukan memakai oto palsu. Mereka sekarang menghadapi larangan seumur hidup dari acara tersebut, sementara mereka yang tertangkap mengambil jalan pintas bisa dilarang ikut lomba lari selama dua tahun.

” Kami sangat menyesalkan pelanggaran yang terjadi selama acara. Berlari maraton bukan hanya olahraga, itu adalah metafora untuk kehidupan, dan setiap pelari bertanggungjawab untuk dirinya sendiri, ” kata penyelenggara dalam sebuah pengumuman yang dikutip kantor berita Xinhua sebagaimana dikutip UPI.

Pemalsu nomor BIB dan pengguna joki lari dilarang ikut marathon seumur hidup, sementara yang lain dilarang 2 tahun.

BEN.