Sejak kecil, Xiao Hui ( 26 ), bukan nama sebenarnya, merasa dirinya perempuan. Bukan main kagetnya saat ia diberi tahu oleh dokter yang memeriksanya belum lama ini bahwa dirinya secara biologis juga laki-laki. Awal cerita, Xiao yang tinggal di Xiangtan, Provinsi Hunan, China, itu merasa dirinya selalu gagal hamil.

Sudah setahun menikah, ia belum juga hamil. Ia lalu memeriksakan diri ke Rumah Sakit Changsha Sunshine. Setelah menjalani serangkaian tes, diketahui Xiao memiliki 46 kromosom XY yang juga dikenal dikenal sebagai hermaphroditisme pria.

Ilustrasi, Xiao Hui membayangkan jika dirinya bisa hamil setelah setahun menikah. Ia kaget setelah memeriksakan ke dokter kandungan, ternyata dokter mengatakan, dirinya secara biologis juga laki-laki.

” Sementara jender dinyatakan perempuan, dia punya testikel yang tak pernah turun, ” kata Wang Peng, dokter di RS Changsa Sunshine seperti diberitakan laman Global Times, Minggu ( 25/11/2018 ). Xiao sebenarnya terlahir memiliki alat kelamin perempuan dan organ reproduksi pria, tetapi tidak pernah diberi tahu soal itu. Saat berusia 15 tahun, kata Xiao, ia memeriksakan diri ke dokter karena ia tidak mengalami menstruasi.

Kala itu, dokter memberinya homon progesteron agar Xiao bisa menstruasi  teratur. Saat pemeriksaan pekan lalu, dokter bedah Liu Fumin memberinya hormon perempuan agar rahim Xiao berkembang penuh. Liu berharap terapi itu cespleng.

SAM.