Praktik klenik, takhayul, dan mengundi nasib seolah sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga di Thailand. Sebuah pohon kuno di Kuil Kunnatri Ruttharam, di pusat kota Bangkok, misalnya, kerap disambangi pengunjung yang berharap memperoleh nomor-nomor yang akan keluar dalam undian judi. Setiap pekan, ratusan pengunjung memadati kuil itu untuk memberi penghormatan di sebuah batang pohon besar yang sudah mati.

Bukan pria saja yang ingin untung dalam waktu singkat menang nomer undian. Berbagai cara dilakukan untuk menang undian lotre. Salah satunya, seperti yang terlihat di Bangkok. Wanita Thailand ini sedang menggosok kulit pohon kuno dengan telunjuk, saat mereka mencari nomor undian lotere di Wat Watnath Ruttharam di Bangkok. ( Foto : Reuters )

Warga setempat percaya, hanya dengan mengusap kulit batang pohon itu, nomor-nomor tertentu bisa muncul dan mungkin akan keluar dalam undian judi. Seorang pengunjung percaya, ia memenangi 70.000 baht ( 2.122,5 dollar AS atau Rp 31 juta ) berkat pohon tua itu.

” Saya memenangi undian-undian kecil juga dari pohon ini. Saya kira, saat saya menyentuh bagian kerasnya, pohon ini membantu saya, ” kata Pakapon Chummano ( 54 ), warga setempat. Ada-ada saja….

Reuters / SAM.