Orang dengan obesitas lebih berisiko terkena kanker. Tim dari Trinity College Dublin menemukan, sel tubuh yang menghancurkan jaringan kanker tersumbat lemak dan berhenti bekerja. Miturut Cancer Research Inggris, lebih dari 1 dalam 20 kasus kanker di Inggris dipicu kelebihan berat badan.

Para ahli menduga, lemak mengirimkan sinyal ke tubuh yang merusak sel-sel sehingga memicu kanker dan meningkatkan jumlahnya. Hasil studi tim peneliti Trinity yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Immunology menunjukkan sel-sel melawan kanker tersumbat lemak.

Untuk mengurangi risiko kanker, adalah menjaga berat badan yang sehat dengan cara, berhenti merokok, makan makanan yang sehat, kurangi alkohol, hindari sengatan matahari. Menurut Cancer Research UK, Inggris, obesitas adalah penyebab kanker yang dapat dicegah setelah merokok. Lebih dari satu dalam 20 kasus kanker, sekitar 22.800 kasus disebabkan oleh kelebihan berat badan.

” Senyawa yang memblokir pengambilan lemak dengan sel pembunuh alami membantu. Cara lebih baik ialah menurunkan berat badan, ” kata Prof Lydia Lynch, Senin ( 12/11/2018 ).

Miturut Leo Carlin dari Cancer Research Inggris, obesitas meningkatkan risiko 13 jenis kanker.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.