Seorang nelayan asal Inggris harus dievakuasi dari sekumpulan anjing laut yang tiba-tiba agresif di pantai dekat tebing Green Stane, Skotlandia selatan, Jumat ( 2/11/2018 ). Nelayan itu, miturut Badan Maritim dan Penjaga Pantai, sedang berjalan di pantai tersebut dan melewati sekumpulan anjing laut. Tanpa dinyana, kumpulan anjing laut itu tiba-tiba angresif menyerangnya.

Sang nelayan pun lari terbirit-birit dan mendaki tebing menuju puncak. Ia berada di puncak hingga malam harinya. Sekumpulan anjing laut itu menunggu di bawah.

Nelayan itu pun menghubungi petugas melalui panggilan darurat. Dalam waktu 20 menit, tim penyelamat sebenarnya sudah tiba di lokasi untuk mengevakuasi nelayan tersebut. Namun, evakuasi butuh waktu berjam-jam.

Layanan darurat yang dipanggil ke tempat kejadian menggunakan teknik penyelamatan tali untuk menurunkan petugas penjaga pantai ke tempat nelayan berada. Di bawah tebing sekumpulan anjing laut tengah mengejarnya dengan agresif.

Anjing laut menjadi garang, gelisah oleh kehadiran nelayan itu. Saat itu ada 50 ekor anjing laut sedang bermain dengan anak-anaknya. Anjing laut mengira nelayan itu hendak mengganggunya, seketika menjadi agresif. ( Reuters: Mike Blake )

Tim penyelamat harus membuat jaring tali untuk rambatan sang nelayan turun melalui tebing. Nelayan itu tertahan berberapa jam di tebing. Tim penyelamat menggunakan perahu karet untuk menyibak kumpulan anjing laut itu dan mengevakuasi nelayan tersebut ke tempat aman di pelabuhan Eyemouth, sekitar 600 kilometer utara London, Inggris.

” Pemandangan anjing laut yang tiba-tiba agresif itu jarang terjadi. Dalam kasus ini mereka mungkin melindungi atau mempertahankan habitat alam atau anak mereka, ” kata Jonathan Mustard, petugas penjaga pantai.

AP / SAM.