Mulut kamu, harimau kamu. Presiden Uganda Yoweri Museveni, Senin ( 5/11/2018 ), panen kecaman gara-gara komentarnya soal memasak. Ia mengatakan, dirinya tak pernah menginjakkan kaki di dapur setelah menikah.

Memasak bukan tugas kaum pria, kata Museveni ( 74 ). ” Kepala keluarga tidak pernah masuk dapur. Sejak 45 tahun bersama Mama Janet, saya tidak pernah menginjakkan kaki di dapur. Sudah seharusnya begitu, ” ujar Museveni dalam pernyataan, Minggu.

Mama Janet adalah panggilan istrinya. Janet Kainembabaxi. Itulah, tambah Museveni, contoh yang harus diikuti para polisiti dan aparatur sipil negara.

Presiden Uganda Yoweri Kaguta Museveni baru-baru ini menyatakan, ” Kepala rumah tidak perlu masuk ke dapur.” Pada tahun 2018, ketika memasak adalah keterampilan hidup dasar dimana laki dan perempuan mempunyai hak sama dalam mengelola dapur. Apa pendapat Anda tentang pernyataan Presiden Museveni?

Kontan saja kecaman mengalir pada Bapak Presiden. ” Memasak bukan pekerjaan perempuan….semua oarng—laki-laki dan perempuan—harus bisa memasak, ” kata Winnie Byanyima, Direktur Eksekutif Internasional Oxfam, lewat Twitter.

” Museveni membuka kedok pada dunia apa yang selalu dia yakini ” perempuan tidak akan pernah mampu berperan sama dengan laki-laki, ” sentil Beatrice Alaso dari oposisi Forum untuk Perubahan Demokratik.

Museveni dibela laman berita, Watchdog Uganda, yang menyebut komentar Presiden itu sejalan dengan budaya negerinya bahwa tabu bagi pria memasak. Bagaimanapun, sebagai pemiminpin, ia perlu hati-hati berkomentar agar tidak bikin gaduh suasana.

AFP / SAM.