Salah satu penyakit degenerasi tulang belakang yang terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun adalah facet joint syndrome atau nyeri sendi. Penyakit ini selain dipengaruhi penurunan fungsi tulang juga disebabkan kebiasaan hidup yang salah. Antara lain banyak konsumsi makanan yang menyebabkan terjadi kegemukan dan duduk terlalu lama lebih dari satu jam yang menyebabkan penyebaran berat badan tidak seimbang.

Saat bekerja menggunakan komputer atau laptop, mata kita terfokus pada layar monitor. Terlalu lama menatap layar monitor pada komputer atau laptop menyebabkan ketidaknyamanan pada mata, seperti mata mudah lelah serta perih. Bahkan terlalu lama duduk apalagi dengan posisi yang salah, akan berdampak pada kesehatan lainnya, salah satunya nyeri pada bokong yang berawal dari pinggang.

” Yang khas dari facet joint syndrome itu nyerinya menyebar hingga ke bokong, jika terjadi di pinggang. Atau menyebar ke bahu hingga kepala bagian belakang jika terjadi di leher, ” tutur Wawan Mulyawan, dokter spesialis bedah saraf RSU Bunda Jakarta, dalam diskusi di Jakarta, Jumat ( 2/11/2018 ).

Sumber : Kilas Iptek / E13.