Tepat menjelang perayaan Halloween tahun ini, publik Hanover, New Hampshire, Amerika Serikat, bakal dihadiahi momen mekarnya bunga Rafflesia arnoldi. Bunga yang dinamai Morphy itu menarik perhatian publik setempat karena aroma busuknya. Warga menyebut mekarnya bunga itu adalah kesempatan untuk mencium bau seperti gambaran bau daging busuk.

Bunga itu adalah koleksi rumah kaca Dartmouth College yang didatangkan dari Pulau Sumatera, Indonesia. Di Dartmouth College, tanaman ini dihiasi dengan kelelawar, laba-laba, dan lengan yang menjangkau keluar dari tanah, memegang tanda yang bertuliskan, ” Tolong aku!. Pada Jumat ( 26/10/2018 ), tinggi bunga itu sudah mencapai 1,81 meter.

Foto yang diberikan oleh Robert Gill menunjukkan Morphy, ” bunga corpse alias bunga bangkai ” yang langka di Dartmouth College pada 23 Oktober 2018, Hanover bersanding dengan laba-laba. Bunga bangkai langka asal Sumatera, Indonesia menyebarkan bau daging busuk diperkirakan akan bermekaran minggu depan di Rumah kaca Dartmouth College. ( Foto : Robert Gill / AP )

Tanaman itu sudah berusia 15 tahun dan terakhir kali, bunga itu mencapai ketinggian 1,98 meter. ” Semakin tua tanaman itu, semakin besar kemungkinannya berbunga, ” kata manajer rumah kaca, Kim DeLong.

Murphy juga semakin besar. DeLong mengatakan, setelah mekar terakhir, bagian tanaman tingginya mencapai 10 kaki ( 3 meter ), hampir menyentuh langit-langit rumah kaca. Daunnya tetap terbuka selama 13 bulan, melakukan fotosintesis dan menyimpan energi.

AP / BEN.