Bayang-bayang bakal makin susahnya hidup setelah Inggris berpisah dari Uni Eropa, yang populer dengan sebutan Brexit, menghantui sebagian warga Inggris, tak terkecuali para pemilik anjing. Pada Minggu ( 7/10/2018 ), sekitar 1.000 anjing dan pemiliknya berpawai jalan kaki menuju kantor parlemen Inggris. Mereka menuntut pembatalan Brexit melalui referendum kedua, yang diistilahkan oleh para koordinator lapangan dengan sebutan wooferendum.

Mereka beralasan, hewan akan ikut menderita saat Inggris meninggalkan Eropa. Sebab, Brexit bakal mengakibatkan dokter hewan berkurang dan harga pakan hewan melonjak. Selama unjuk rasa, anjing-anjing itu dikalungi kertas-kertas bertuliskan pesan tuntutan.

Anjing dan pemiliknya berkumpul di Waterloo Place menjelang pawai menuju ke Parliament Square di ‘Wooferendum’ untuk menuntut Vote Ulang rakyat Inggris tentang Brexit, di London, Minggu 7 Oktober 2018. ( AP Photo / Tim Ireland )

Seekor anjing memakai spanduk di tubuhnya saat berkumpul di pusat kota London tempat dimana pemilik anjing dan hewan peliharaan mereka untuk menuntut referendum baru Brexit.

Misalnya, anjing buldog peranakan Inggris dan Perancis berkalung tulisan Anjing gila menggongong pada Brexit. Pesan pada anjing lain berbunyi ” Keluar dari Brexit # Wooferendum ” , ” Stop Brexit # Wooferendum, ” Brexit sedang menyalak, ” dan lain-lain.

Di beberapa tempat kencing di sepanjang rute pawai, anjing-anjing itu disuruh mengencingi foto-foto bergambar tokoh penganjur referendum Brexit 2016 seperti mantan Menteri Luar Negeri Boris Johnson dan mantan Pemimpin Partai Independen Inggris Nigel Farage. Ups….

Reuters / SAM.

Iklan