Tindakan pria asal Bangalore, Negara Bagian Karnataka, India, ini memang tidak layak dicontoh. Karena itu, memang sudah sepantasnya dia diberi sanksi tidak boleh mengemudikan bus untuk sementara. Pria yang tidak diketahui namanya tersebut terekam video yang beredar luas di media sosial sedang menyetir bus.

Namun, celakanya, munkgin karena merasa sudah sangat terbiasa dengan pekerjaannya, sang pria menaruh seekor monyet yang berukuran cukup besar di atas kemudi bus. Di dalam video yang dipasang di media upi.com pada 8 Oktober 2018, tampak si monyet cukup menikmati saat duduk di atas lingkaran kemudi yang cukup besar. Ketika setir diputar arah kiri atau kanan, si monyet mengikuti gerakan kemudi.

Sembari menyetir dan memegang monyet di atas setir, pria pengemudi bus asyik berbicara dengan penumpang bus. Sang pria tampak gembira dengan aksinya. Ia kelihatan hendak memamerkan keterampilannya menyetir sembari mungkin hendak membuat suasana di dalam bus menjadi lebih bergembira.

Seorang pengemudi bus India di negara bagian Karnataka selatan, telah diskors karena membiarkan seekor monyet “menyetir” busnya. Tiga puluh penumpang di atas kendaraan bus mengeluh tentang kelakuan sopir yang membiarkan monyet duduk di lingkaran setir.

Namun, setelah video tersebut menyebar luas di media sosial di India, Karnataka State Road Transport Corp segera menskors si pengemudi. Tim penyelidik juga dibentuk untuk mengusut bagaimana peristiwa yang membahayakan penumpang itu bisa terjadi. Hasil pengusutan sementara, monyet yang kelihatan asyik duduk di atas kemudi adalah milik penumpang bus.

Belum jelas bagaimana seekor monyet yang sedang diajak jalan-jalan naik bus oleh pemiliknya tiba-tiba bisa berada di atas kemudi. Aduh…..

ATO.