Meski tahu batu yang biasa digunakan untuk mengganjal pintu rumahnya adalah meteroit, seorang pria asal Michigan, AS, tidak menduga harga batu yang hampir sebesar bola voli itu mencapai 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar. Meteroit itu jatuh ke wilayah pertanian Edmore dan Mt Pleasant saat hujan meteor pada 1930. Dalam berita yang diunggah di UPI.com, Kamis ( 4/10/2018 ), disebutkan, tidak ada yang mengetahui meteroit itu sangat bernilai sehingga orang hanya menggunakannya sebagai pengganjal pintu.

Namun, awal tahun ini, pria itu mendengar tentang orang-orang yang menjual potongan-potongan kecil meteroit. Ia lantas membawanya kepada Mona Sirbescu, seorang anggota staf Fakultas Geologi Central Michigan University. Miturut Sirbescu, meteroit itu istimewa dan menjadi terbesar keenam yang ditemukan di Michigan.

Central Michigan University melaporkan di areal pertanian di Edmore, Michigan, pada 1930-an telah ditemukan sebuah batu meteroit. Batu itu digunkan warga setempat untuk mengganjal pintu rumahnya.

Staf pengajar geologi CMU Mona Sirbescu memegang meteorit seberat 22,5 pon yang digunakan sebagai pengganjal palang pintu. Selama beberapa dekade batu itu dianggap batu biasa dan baru diketahui setelah diteliti Mona Sirbescu, ternyata batu meteroit.

” Ini spesimen paling berharga yang pernah saya genggam dalam hidup saya, baik secara keuangan maupun ilmiah, ” katanya. Meteroit itu belum terjual, tetapi Museum Smithsonian dan sejumlah kolektor sedang memertimbangkan untuk membelinya.

JOS.

Iklan