Saga Vanecek (8 ) tak pernah menduga apa yang ditemukannya saat berenang di Danau Vidostern, Swedia, adalah sebuah pedang yang sangat berharga. Pedang yang saat ini dipajang di Museum Jonkopings Lans, Swedia, itu berasal dari era pra-Viking dan diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun. Kepada The Local, Vanecek mengatakan, awalnya ia menduga pedang itu adalah sebuah tongkat.

” Saya memungutnya dan akan menjatuhkannya kembali ke air, tetapi itu memiliki pegangan, dan saya melihat bahwa itu sedikit runcing pada ujungnya dan semuanya berkarat, ” kata Vanecek. Dalam berita yang diunggah pada Kamis ( 4/10/2018 ) di laman Upi.com itu disebutkan, gadis itu lalu memberikan pedang temuannya kepada ayahnya.

Saga Vanecek, seorang gadis usia delapan tahun berlibur bersama keluarganya menemukan pedang di  era pra-Viking di danau Swedia, Vidostern. Para ahli museum memperkirakan pedang itu berumur sekitar 1.500 tahun. Pedang itu memiliki panjang sekitar 33 inci dan “sangat awet,” kata seorang ahli museum. Bahkan memiliki sarung yang terbuat dari kayu dan kulit.

Pedang itu pada awalnya dilaporkan berusia 1.000 tahun, tetapi para ahli di museum lokal memperkirakan pedang berusia sekitar 1.500 tahun. ( Foto : Museum Jönköpings Läns )

Setelah penemuan itu, arkeolog menggelar pencarian barang kuno di Danau Vidostern. Mereka berhasil menemukan sebuah bros dari abad ke-3.

JOS.