Teknologi digital dan internet bisa diaplikasikan bagi produk hortikultura. Menurut Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor Prof Aris Purwanto, telepon pintar bisa untuk mengukur tingkat kemanisan apel dan mangga. ” Sofware-nya ( peranti lunak ) ada di Handphone berbasis cloud dengan internet, ” kata Aris di Bogor.

Aris menyampaikan orasi ilmiah pada Sabtu ( 22/9/2018 ). Perangkat itu memindai apel atau mangga dengan spektroskopi memakai near infra red ( NIR ) portable panjang gelombang 780-2.500 nm untuk mengukur kadar gula buah itu.

Teknologi berbasis cloud memanfaatkan internet yang tersambung dengan telepon pintar untuk mengukur tingkat kemanisan bual apel atau mangga dengan pemancar near infrared (NIR) portable, kurang dari 10 detik, kemudian muncul hasilnya. Hasil ini menunjukkan kadar gula dari apel atau mangga hasil deteksi. Teknologi ini mengurangi risiko kerusakan produk hortikultura.

Teknologi pengujian mutu produk tanpa merusak selama ini dilakukan di laboratoriom dan butuh waktu lama. ” Dengan alat ini, pengguna memastikan buah dipilihnya manis ( keakuratan di atas 90 persen ) kurang dari 10 detik, ” ujarnya.

Sumber : Kilas Iptek ( * / EVY )

Iklan