Kurang tidur bisa memunculkan kesepian, tak percaya diri, dan menarik diri dari lingkungan sosial. Hal itu menular ke orang lain. Demikian hasil riset oleh peneliti di Pusat Ilmu Tidur Manusia Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat, Eti Ben Simon dan Matthew P Walker.

Dalam sebuah penelitian terhadap orang yang kurang tidur dibandingkan dengan orang yang beristirahat cukup banyak, para peneliti menemukan bahwa mereka yang kurang tidur menunjukkan aktivitas menutup diri dari interaksi sosial. Orang-orang yang kurang tidur merasa terasing, dan kesepian.

Riset di publikasikan di jurnal Nature Communications, Selasa ( 14/8/2018 ). Studi dilakukan dengan menguji 18 orang dewasa muda di laboratoriom dengan tidur malam normal dan kurang. Lalu para responden menjalani tugas jarak sosial guna mengukur seberapa nyaman mereka dengan kehadiran orang lain.

” Jarak sosial membuat seseorang nyaman bertambah 13-18 persen saat kurang tidur, ” tulis penulis, Selasa ( 14/8 ). Kesepian orang kurang tidur menular sesuai riset pada 1.000 orang.

Sumber : Kilas Iptek / MZW.