Seorang pria di St Louis, Negara Bagian Missouri, Amerika Serikat, menjadi penyewa baru apartemen supermini dengan tata letak ruangan unik, dapur dan tempat mandi menyatu. Ya, di apartemen itu toilet, bak mandi ( bathtub ), oven, dan wastafel berimpitan di satu ruangan. Apartemen di kompleks Central West End, St Louis, ini memiliki luas total sekitar 18,5 meter persegi.

Ongkos sewanya 525 dollar AS ( sekitar Rp 7,8 juta ) per bulan. Iklan apartemen lengkap dengan foto bak mandi, toilet, dan oven serta wastafel berimpitan itu beredar di sejumlah laman. Banyak orang terperangah melihatnya.

Bagaimana bisa memasak, mandi, dan maaf – buang air menyatu di satu ruangan. Miturut Harold Karabell dari SF Shannon Real Estate Management yang mengelola apartemen itu, bangunan apartemen tersebut berusia 111 tahun dan dulu terdiri atas 12 unit apartemen mewah.

Foto kamar mini dari iklan rental yang disediakan oleh S.F. Shannon Real Estate Management LLC menunjukkan, toilet dan bak mandi berhimpitan dengan dapur apartemen seluas 200 kaki persegi di St. Louis. Toilet, bathtub, oven, dan wastafel semuanya berada dalam satu kamar. Seorang pria St. Louis adalah penyewa baru apartemen kecil itu. ( Foto : AP / S.F. Shannon Real Estate Management LLC )

Saat depresi ekonomi yang dimulai dari AS pada 1939 -an melanda dunia, bangunan apartemen dijadikan 50 unit kecil. Yang terkecil adalah studio. Kata Karabell, pria penyewa baru itu menyukai apartemennya. Kok bisa ?

AP / SAM.