Studi terbaru menunjukkan, saat pria kehilangan satu malam saja kebiasaan tidurnya, tubuh mereka merespons perubahan ini yang bisa mendorong kenaikan berat badan dan kehilangan otot. Studi yang dipublikasikan 22 Agustus 2018 pada jurnal Science Advances, para peneliti mengamati perubahan jaringan lemak dan otot pada 15 lelaki muda merespons kehilangan waktu tidur ini.

Tidur memiliki dampak yang penting terhadap kesehatan secara keseluruhan, dan orang-orang perlu mendapatkan cukup tidur. Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam setiap malam untuk tidur. Satu malam saja pria tidak tidur akan berdampak pada kesehatannya. 

” Setelah sehari-hari tak tidur, peneliti membuktikan indikasi lemak dan otot merespons dengan cara berbeda, ” kata ketua tim penulis Jonathan Cedernaes, pada Divisi Endokrinologi pada Northwestern University Feinburg School of Medicine di Chicago, Amerika Serikat. Seiring perubahan itu, tubuh meningkatkan kapasitas lemaknya dan jaringan oto menunjukkan tanda pemecahan otot.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / ICH.