Warga kota Paris, Perancis, dibikin kaget dengan kemunculan toilet-toilet khusus pria di trotoar sejumlah ruas jalan kota itu. ” Uritrottoir “, demikian sebutannya dalam bahasa setempat. Toilet tersebut berbentuk kotak, setinggi pinggang orang dewasa, bagian atasnya dicat warna merah mencolok, dan ditempatkan di alam terbuka tanpa penutup.

Tubuh orang akan terlihat jelas saat buang air kecil di toilet itu. Miturut badan pendesainnya, toilet itu merupakan ” solusi ramah lingkungan bagi kebutuhan publik untuk buang air “. Namun, bagi warga Paris, toilet-toilet itu menimbulkan risi dan tidak nyaman.

Pejabat kota Paris telah memasang empat urinal terbuka, atau “uritrottoirs.” Keberadaan toilet pria menimbulkan protes warga Paris dan bersiap membuat petisi agar keberadaan toilet itu dihilangkan dari pinggir Sungai Seine.

Satu toilet khusus pria terletak di dekat katedral Notre-Dame, telah menarik perhatian turis karena pandangannya langsung menghadap ke Sungai Seine.
“Urinal yang cerdas,” yang memiliki lapisan jerami yang menghilangkan bau, dipasang di tempat-tempat umum di mana warga kota yang kebelet ingin buang air kecil segera dapat menuntaskan hajatnya.

Bisa dibayangkan, salah satu toilet itu ditempatkan di Ile Saint-Louis, tak jauh dari katedral Notre Dame, dan menghadap ke Sungai Seine tempat lalu lalang perahu-perahu turis. Sekitar 20 meter dari situ juga ada sekolah dasar.

Warga setempat pun siap-siap membuat petisi, mendesak pemerintah kota memindahkan toilet itu. Oh la la…..

AFP / Reuters / SAM.