Jika jadi pejabat, hati-hatilah berbicara. Sedikit kesalahan, dalam sekejap hal itu bisa jadi viral di dunia maya. Menteri Luar Negeri Inggris yang baru, Jeremy Hunt, memulai kariernya dengan kesalahan yang lumayan membuat malu.

Ia sedang melakukan kunjungan kerja ke China dan menyebutkan istrinya sebagai orang Jepang, padahal sang istri, Lucia Guo, berasal dari China. ” Istri saya adalah seorang perempuan Jepang, eh istri saya seorang perempuan China. Wah ini kesalahan besar, ” kata Hunt kepada Menlu China Wang Yi.

Dalam kunjungan pertamanya ke Tiongkok, Menteri Luar Negeri Inggris yang baru ditunjuk untuk Urusan Luar Negeri, Jeremy Hunt salah menyebut asal usul istrinya, sebagai orang Jepang. Padahal sang istri, Lucia Guo, berasal dari China.

Topik China-Jepang menjadi sensitif di China karena Jepang pernah menjajah China. Hunt lalu mengulangi kembali pernyataannya, ” Istri saya perempuan China dan anak-anak saya separuh China, dan kami memiliki kakek-nenek yang bermukim di Xi’an dan hubungan keluarganya sangat kuat, ” kata Hunt yang mencoba merintis kerja sama perdagangan dengan China untuk menyongsong Brexit di 2019.

AFP / MYR.