Kerusakan otak dapat menyebabkan kecacatan fisik dan mental, menurunkan produktivitas, dan kematian. Salah satu pilihan terapi untuk mengobati penyakit ini adalah penggunaan sel punca yang berasal dari gigi susu. Ini adalah sel punca dewasa yang berasal dari jaringan pulpa gigi susu ( stem cells from human exfoliated deciduous teeth / SHES ).

Peneliti Universitas Adelaide telah menemukan bahwa sel punca yang diperoleh dari gigi dapat tumbuh menyerupai sel otak. Hal tersebut memberikan ide kepada mereka untuk menggunakan sel punca pada otak untuk terapi penyakit stroke.

Potensi sel punca dewasa yang berasal dari gigi untuk terapi kerusakan otak dipaparkan dalam disertasi Masagus Zainuri yang berjudul Potensi Neuroproteksi Conditioned Medium Stem Cell from Human Exfoliated Deciduous dalam Upaya Mencegah Apoptosis Progenitor Neuron akibat Induksi Glutamat.

Setelah mempertahankan disertasi dalam sidang terbuka promosi doktor ilmu biomedik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis ( 7/62018 ). Masagus menjadi doktor ke-14 di FKUI.

ADH.