Penyelenggaraan Piala Dunia di Rusia telah mempertemukan kembali dua sahabat pena yang hilang kontak selama 56 tahun. Hal ini terjadi tanpa disengaja. Seorang reporter televisi CCTV, Zhang Heyun, yang kala itu meliput di Saransk, Rusia, mengatakan, ia dan rekan-rekannya sedang bersiap meninggalkan kota ketika seorang perempuan tua menghampiri dan meminta tolong, tulis harian Global Times, Selasa ( 10/7/2018 ).

” Perempunan yang tinggal di depan aparttemen kami memperlihatkan dua pucuk surat tua, ” kata Zhang. Ia lalu mengunggah surat itu di situs Sina Weibo. Zhang memberi keterangan dalam unggahannya itu.

Lyudmila Mitricheva Ivanova menggunakan nama China Liu Xia ketika dia mulai bertukar surat 56 tahun yang lalu dengan seorang gadis muda di China bernama Duan Chunxiu. Menurut Beijing Youth Daily, mengatakan bahwa sahabat pena internasional saling menulis dalam bahasa Rusia, kebanyakan tentang cerita sekolah.

” Dia ( perempuan tersebut ) adalah sahabat pena seorang pelajar di Provinsi Hunan, China tengah, bernama Duan Chunxiu. ” Seorang mantan teman sekelas Duan melihat unggahan itu dan yakin bahwa Duan yang dimaksud adalah kenalannya. Merasa penasaran, teman tadi menelusuri keberadaan Duan.

Sayangnya, Duan ternyata sakit dan tidak bisa mengingat tentang surat-suratnya. Kendati demikian, dia mengenali foto dirinya yang dia kirimkan kepada sahabat penanya di Rusia, sekian dekade lalu. Sahabat pena Duan itu bernama Missoula.

RET.