Sebanyak 53 laki-laki memanggul istri atau pasangan mereka di pundak dan berlari dalam kejuaraan Dunia Memanggul Istri, di Sonkajarvi, Finlandia. Kompetisi ini sudah berlangsung 23 tahun dan menyedot penonton ribuan orang. Pasangan Lituania, Vytautas Kirkliauskas dan Neringa, menjuarai lomba.

Mereka mengalahkan juara dunia enam kali, Taisto Miettinen, asal Finlandia. Berada di Lingkaran Arktik, Finlandia dalam setahun hanya tiga bulan melihat matahari. Sisanya adalah musim dingin yang gelap.

Para suami berlari sambil memanggul istri di pundaknya. Kompetisi pertama diadakan pada tahun 1992 dan sekarang diadakan setiap tahun pada Sabtu pertama bulan Juli di alun-alun pasar kota Sonkajärvi di Finlandia bagian timur. Peserta ber;aro melewati rintangan terdiri dari pasir, kerikil, rumput, dan melewati kubangan air sedalam satu meter.

Lima puluh tiga peserta mengikuti lomba lari sambil memanggul istri atau pasangan mereka di atas bahu dan berlari selama satu jam di kota kecil Finlandia Sonkajarvi pada hari Sabtu. Penonton terhibur melihat aksi ini dan bertepuk tangan saat seorang peserta berhenti sebentar menurunkan pasangannya karena kelelahan.

Tak mengherankan, dari negara ini, sering muncul kompetisi yang aneh-aneh, antara lain lomba melempar telepon genggam dan melempar sepatu lars. ” Mungkin karena kami hanya melihat cahaya tiga bulan sehingga memiliki gagasan permainan musim panas untuk menunjukkan kepada orang lain kami mempunyai rasa humor tinggi, ” ujar Sanna-Mari Nuutinen, panitia kejuaraan.

Reuters / MYR.