Nasib baik untuk Penka. Sapi ini msih bisa meneruskan hidupnya dengan tenang setelah pengadilan setuju membatalkan ketentuan bahwa hidup hewan itu harus diakhiri. Keputusan pada Senin ( 11/6.2018 ) tersebut disambut gembira.

Penka memicu kehebohan kala tidak sengaja melanggar perbatasan dari Bulgaria ke Serbia. Dia terlepas dari peternakan di desa perbatasan Bulgarian-Serbia lalu menuju Serbia dan tinggal beberapa waktu di sana. Setelah itu, Penka kembali ke peternakan di Bulgaria.

Otoritas Bulgaria menyatakan, Penka telah melintas batas negara tanpa dilengkapi dokumen sah sehingga harus dieksekusi. Publik heboh. Bahkan, mantan anggota The Beatles, Paul McCartney, sampai membuat petisi daring untuk menyelamatkan Penka.

Kasus sapi Penka mendapat perhatian media dunia yang belum pernah terjadi sebelumnya, begitu banyak sehingga seorang kolumnis Bulgaria menulisnya sebagai peristiwa aneh di mana seekor sapi bisa melintas batas negara setelah lepas dari peternakan di Bulgaria tidak diketahui pemilknya. Penka masuk Serbia tanpa dokumen sah sehingga diputuskan dieksekusi.

Petisi McCartney didukung puluhan ribu orang. Komisi Uni Eropa ikut membahas persoalan itu dan menganggap Penka bisa tetap hidup.

Dukungan dari beberapa pihak membuat otoritas Bulgaria berubah pikiran. Kini, Penka tetap bisa hidup.