Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO menyebut lebih dari 200 juta orang terkena malaria tiap tahun. Pada 2016, setengah juta orang meninggal karena malaria. Penyakit yang menular lewat gigitan nyamuk Anopheles betina itu disebabkan parasit.

Peneliti Institut Wellcome Sanger di Cambridge, Inggris, menelusuri pohon keluarga 7 jenis parasit malaria, yakni 3 parasit menyerang simpanse, 3 parasit menginfeksi gorila, dan 1 parasit, P falciparum yang paling mematikan, menyerang manusia.

Nyamuk Anopheles sp adalah nyamuk vektor penyakit malaria. Di dunia kurang lebih terdapat 460 spesies yang sudah dikenali, 100 diantaranya mempunyai kemampuan menularkan malaria dan 30-40 merupakan host dari parasite Plasmodium yang merupakan penyebab malaria di daerah endemis penyakit malaria. Di Indonesia sendiri, terdapat 25 spesies nyamuk Anopheles yang mampu menularkan penyakit Malaria.

Hasilnya, P falciparum ada sejak 50.000 tahun lalu. Parasit itu baru menyerang manusia 3.000-4.000 tahun lalu.

” Ekspansi manusia menciptakan rumah nyaman bagi parasit berevolusi, ” kata Matt Berriman, peneliti utama, Selasa ( 22/5/2018 ).

BBC / MZW.