Masazo Nonaka, Selasa ( 10/4/2018 ), dikukuhkan sebagai pria tertua di dunia dengan usia 112 tahun. Keluarganya menungkap rahasia usia panjang Nonaka, yakni mengonsumsi yang manis-manis dan sering berendam di air hangat. Nonaka yang lahir pada 25 Juli 1905, hanya beberapa bulan sebelum Albert Einstein memublikasikan teori relativitasnya, Selasa kemaren menerima sertifikat dari Guinness World Records di rumahnya, di Ashoro, Hokkaido, Jepang.

Masazo Nonaka dari Jepang diakui hari ini sebagai lelaki tertua di dunia oleh cucunya diuangkapkan rahasia umur panjangnya. Kakek Nonaka suka mengunyah permen manis dan mandi air panas. Nonaka, yang lahir pada 25 Juli 1905 di usia lanjut masih rajin membaca koran.

Masazo Nonaka berusia 112 tahun 259 hari diakui sebagai laki-laki tertua di dunia menerima sertifikat dari Guinness World Records di rumahnya di pulau Hokkaido utara Jepang,  Selasa (10/4/2018).

Nonaka tinggal bersama keluarga besarnya, pemilik penginapan yang memiliki fasilitas air panas. ” Dia perlu kursi roda untuk bergerak, tetapi dia dalam kondisi kesehatan yang baik, ” kata cucunya, Yuko Nonaka. Nonaka juga sangat suka makanan yang manis-manis, baik makanan Jepang maupun masakan Barat. Dia pun membaca koran setiap hari dan sering berendam dalam air panas.

Nonaka memiliki tujuh saudara laki-laki dan seorang saudara perempuan. Dia menikahi Hatsuno pada 1931 dan memiliki lima anak. Nonako secara resmi menjadi pria tertua di dunia setelah Francisco Nunez Olivera dari Spanyol meninggal pada Februari lalu di usia ke-113.

AFP / LOK.

Iklan