Sungguh aneh singa betina di kebun binatang Oklahoma, Amerika Serikat ini. Tak seperti singa betina lain yang umumnya tidak mempunyai surai atau rambut tebal di bagian kepala, Bridget, demikian nama singa betina tersebut, mempunyai surai cukup panjang. Surai rambut tebal yang menjuntai di bagian kepala, hampir selalu hanya ditemui pada singa jantan.

Bridget, seekor singa betina Afrika berusia 18 tahun di Kebun Binatang  Oklahoma, tiba-tiba tumbuh surai yang biasanya dikaitkan dengan singa jantan. Singa betina ini mulai tumbuh surai di usia tua. Dokter hewan masih tidak yakin dengan  apa yang menyebabkan singa betina Bridget tumbuh surai di kepalanya. Foto Courtesy of Oklahoma City Zoo.

Tumbuhnya surai memiliki hubungan dengan keberadaan hormon tertentu pada singa jantan. Pengelola kebun binatang Oklahoma, beberapa hari lalu, menjelaskan, miturut tes darah yang dilakukan oleh University of Tennesse, Bridget bisa mempunyai surai karena singa Afrika itu memiliki tingkat androstenedione cukup tinggi.

Hormon ini umumnya ditemui pada singa jantan. Dalam uji coba itu, para dokter hewan membandingkan sampel darah Bridget dengan saudaranya yang juga singa betina, tetapi tak memiliki surai.

AP / ATO

Iklan