Malang betul nasib Constantin Reliu ( 63 ). Setelah 20 tahun bekerja sebagai tukang masak di Turki, ia pulang kampung halamannya di Barlad, Romania, dan mendapati dirinya sudah terdaftar sebagai warga yang meninggal. Ia mencoba mencabut sertifikat kematian itu, tetapi pengadilan setempat menolaknya.

Pasalnya, Reliu bekerja di Turki tahun 1992 dan ketika kembali ke Romania tahun 1995 ia mendapti istrinya selingkuh. Tahun 1999, ia kembali ke Turki dan tak pernah kembali. Desember lalu, ia ditahan karena izin tinggal di negara itu sudah kedaluwarsa dan ia dideportasi pada Januari.

Menurut seorang juru bicara pengadilan yang mengatakan bahwa Constantin Reliu, pria 63 tahun itu telah kehilangan kasusnya karena dia mengajukan banding terlambat. ”  Saya adalah hantu yang hidup, ” katanya melampiaskan kekesalannya terhadap otoritas lokal Romania, yang tidak mau mencabut sertifikat kematian atas namanya. 

Ketika mendarat di Bucharest, Reliu diinterogasi selama enam jam karena ia sudah terdaftar meninggal. Setelah dibebaskan, otoritas Barlad tidak bersedia mengeluarkan surat keterangan identitas.

Demikian jujga pengadilan yang pekan lalu menolak mencabut sertifikat kematiannya. Reliu akan menulis surat kepada Presiden Turki Erdogan agar diizinkan kembali ke Turki.

AP / MYR.

 

Iklan