Semua buah jeruk bisa dilacak asal-usulnya ke kaki Gunung Himalaya dari bukti DNA. Pohon jeruk pertama tumbuh 8 juta tahun lalu. Untuk itu, ilmuwan di Amerika Serikat dan Spanyol menganalisis genom lebih dari 50 varietas pohon jeruk.

Untuk menemukan pemahaman yang lebih baik dari mana asal pohon jeruk, ilmuwan juga lalu memetakan genom lebih dari 50 varietas buah jeruk. Selain ilmuwan pun memakai dua spesies yang masuk berhubungan tetapi tak masuk pada keluarga jeruk. Pohon jeruk kali ini salah satu yang paling banyak dibudidayakan di dunia, tetapi hingga kini tak jelas dari mana asal serta bagaimana penyebarannya ke semua dunia.

Studi dipublikasikan di jurnal Nature menyebutkan, pohon jeruk modern berasal dari sejumlah spesies alami di area timur Assam, utara Myanmar, dan area barat Yunan. Saat iklim berubah jutaan tahun lalu jadi lebih kering, tanaman menyebar dari Himalaya ke seluruh dunia 4 juta tahun lalu.

” Memahami keragaman spesies dan genetika menjadi langkah awal pengembangan varietas baru buah jeruk, ” kata Pemimpin Peneliti Guohong Albert Wu dari Departement of Energy Joint Genome Institute, Amerika Serikat, Kamis ( 8/2 ).