Sungguh heroik aksi yang dilakukan oleh pria bernama Li, di Chengdu, China. Pada Hari Imlek, beberapa waktu lalu, ia menerima telepon dari temannya pada pukul 02.30. Temannya yang bernama Ying mengaku merasa pusing.

Tak lama setelah menyampaikan hal itu Ying berhenti berbicara di telepon. Li segera menuju ke rumah temannya itu dan menghubungi polisi. Seperti dikutip globaltimes.cn pada Kamis ( 22/2 ), Li memanjat tiga lantai apartemen dan memecahkan jendela untuk masuk ke tempat tinggal Ying.

Gas memasuki aliran darah, bercampur dengan hemoglobin dalam darah dan membentuk karboksimoglobin. Artinya darah tidak lagi mampu membawa oksigen dan kekurangan oksigen menyebabkan sel-sel di tubuh mati. Peringatan akibat keracunan karbon monoksida dapat menyebabkan sakit kepala lalu pingsan. Ilustrasi : Saat karbon monoksida terhirup Ying.

Rupanya Ying pingsan karena keracunan karbon monoksida. Ada dua orang lainnya yang berada di unit apartemen itu dan juga pingsan. Berkat Li, mereka semua selamat. Sayangnya, beberapa hari kemudian, beredar rumor bahwa Li melakukan perampokan dan sudah ditahan oleh polisi.

Dalam situasi tersebut, polisi bertindak cepat dengan memberikan penjelasan kepada publik bahwa Li bukan perampok, melainkan penyelamat nyawa orang lain.

ATO.