Hati-hati jika memelihara ayam di Negara Bagian New Hampshire, Amerika Serikat. Parlemen New Hampshire sedang menggodok undang-undang yang akan menghukum pemilik unggas jika hewan ini kedapatan masuk wilayah milik orang lain. Miturut rancangan undang-undang tersebut, siapa pun yang membiarkan unggasnya masuk ke properti warga lain tanpa izin dan menyebabkan kerusakan, si pemilik unggas akan dinyatakan telah melanggar hukum.

Domba dan kambing sering keluyuran cari makan masuk ke pekarangan orang lain. Di Negara Bagian New Hamshire, si pemilik hewan itu dinyatakan melanggar hukum, jika hewan itu merusak properti orang lain.

Ayam peliharaan sebaiknya dikurung dalam kandang daripada bebas berkeliaran di pekarangan rumah. Mulai sekarang, undang-undang juga berlaku untuk pemilik unggas, jika unggas peliharaannya masuk halaman rumah orang lain dan merusak properti, misalnya merusak tanaman, maka pemiliknya akan dinyatakan melanggar hukum.

Hukum semacam itu sudah diterapkan untuk domba, kambing, sapi, kuda, dan babi. Para penggagas undang-undang baru tersebut berargumen, ayam sama dengan jenis-jenis hewan lainnya sehingga tidak bisa mendapatkan pengecualian. Anggota Parlemen New Hampshire dari Republik, Michael Moffett, mengatakan, dirinya mendengar dari seorang warga bahwa ada tetangganya yang menggunakan ayam-ayam peliharaan untuk memprovokasi warga tersebut.

” Orang-orang, di mana pun tinggal, seharusnya bebas dari gangguan terhadap propertinya oleh hewan ataupun burung yang tidak diurus oleh para pemiliknya, ” kata Moffett, Selasa silam.

AP / ATO.