Kemajuan teknologi digital dan internet membuat banyak warga di kota-kota besar di China kini bisa merasa memiliki hewan piaraan kucing secara daring alias virtual. Mereka mengikuti akun-akun media sosial di China yang menampilkan kucing-kucing lucu nan menggemaskan. Begitu maraknya kegemaran semacam itu, sampai-sampai sebuah akun media sosial di China, Sina Weibo, memiliki lebih dari 30 juta pengikut.

Akun Sina Weibo huiyizhuanyongxiaomajia, yang memuat video dan foto dari kucing jenis shorthair Inggris, memiliki lebih dari 30 juta pengikut. Kebanyakan penggemar mengidentifikasi kucing sebagai sniffers, dimana pengikut akun itu secara obsesif memeriksa beberapa kali dalam sehari foto kucing di media sosial, seakan-akan kucing itu sebagai milik mereka sendiri.

Miturut Globaltimes.cn, akun ini kerap mengunggah video dan foto kucing jenis British Shorthair. ” Sebagai pecinta kucing, kalau saya tidak setiap hari mengecek ( fot dan video kucing-kucing ), saya merasa sangat tidak enak. Saya mungkin mengalami kecanduan serius, ungkap seorang pemilik kucing virtual di situs Zhihu, sebuah situs Quora yang menampilkan tanya-jawab di antara para penggunanya. Aduh, meong.