Bernyanyi dalam kelompok atau paduan suara dapat membantu seseorang pulih dari gangguan jiwa, membuat mereka merasa berarti, dan meningkatkan percaya diri. Hasil riset oleh tim peneliti dari University of East Anglia terhadap para penyanyi yang berlatih setiap pekan di Norfolk menemukan manfaat aktivitas itu terhadap suasana hati dan keterampilan sosial. Peneliti menyatakan, Sing Your Heart Out ( SYHO ) Project telah membuat beberapa orang tak kambuh penyakit mentalnya.

Bernyanyi dalam kelompok paduan suara bisa membuat Anda lebih bahagia. Menurut penelitian baru dari University of East Anglia (UEA), manfaat bernyanyi di antara orang-orang dengan kondisi kesehatan mental dihinggapi kecemasan dan depresi, akan meningkatkan kesehatan mental mereka. Kombinasi antara bernyanyi dan bersosialisasi merupakan bagian penting dari pemulihan jiwa.

Proyek itu mulai dilakukan pada 2005 di rumah sakit jiwa di Norwich dengan sasaran orang dengan gangguan jiwa ataupun masyarakat umum dan secara rutin melibatkan ratusan orang untuk bernyanyi bersama. Pemimpin studi, Prof Tom Shakespeare, Kamis ( 21/12 ), menyatakan, itu adalah alat murah untuk turut memulihkan kesehatan jiwa dengan komunitas karena memberi partisipan rasa memiliki.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.