Gara-gara toilet di dalam pesawat rusak, pesawat Delta Boeing 757 penerbangan langsung New York ke Seatle terpaksa mendarat darurat di Bandar Udara Internasional Billings Logan, kota Billings, Amerika Serikat, Sabtu malam. Harian The Billings Gazette, Rabu ( 6/12 ), melaporkan bahwa karena toilet rusak, antrean penumpang di depan toilet mengular. Air berwarna biru meluber dari toilet yang rusak hingga keluar ke ruang kabin.

Karena banyak penumpang yang sudah tidak bisa lagi menahan diri untuk buang air, mereka mendesak pilot mendaratkan pesawat. Padahal, pesawat baru sampai di tengah perjalanan. Biasanya perjalanan antara dua kota New York ke Seattle itu membutuhkan waktu sampai enam jam.

Karena toilet dalam pesawat rusak, penumpang yang ingin buang air kecil terpaksa membatalkan niatnya dan terpaksa menahan kencing. Pilot pesawat terpaksa putar haluan dan mendarat di bandar udara dekat perbatasan AS-Kanada. Ilustrasi : Handining.

Akhirnya pesawat memutar haluan puluhan kilometer dan mendarat di bandar udara yang dekat dengan perbatasan AS-Kanada. Karena tidak ada tempat parkir yang tersedia, pilot lalu buru-buru parkir di area pesawat kargo. ” Banyak penumpang yang butuh toilet, cepat, ” kata pilot.

Pesawat Delta Airlines dengan tujuan Seattle dari New York ini harus melakukan pendaratan darurat. Hal ini karena toilet pesawat mampet sementara perjalanan udara ini membutuhkan waktu 6 jam. Sebagian penumpang terpaksa menahan keinginan buang air kecil sampai pilot mengambil keputusan melakukan pendaratan darurat bukan di bandara tujuan. Penumpang lega, sebab urusan biologis buang air kecil sudah terpenuhi, penumpang pun masuk toilet di terminal kargo dengan tertib.

Kru di darat segera membawakan tangga beroda ke pintu pesawat agar penumpang bisa segera ke toilet. Direktur Penerbangan dan Transit Bandara Billings Kevin Ploehn mengatakan, kru di darat mendampingi para penumpang ke wilayah terminal sehingga mereka bisa segera buang air kecil atau besar. Sambil menunggu para penumpang, toilet di dalam pesawat itu juga langsung diperbaiki.

” Kami sering menerima pesawat yang berubah haluan dan terpaksa mendarat, tetapi baru kali ini penyebabnya toilet rusak. Apalagi, ini meluap dan airnya sampai ke luar, ” kata Ploehn.

AP / LUK.