Pola kebotakan pada lelaki dan tumbuhnya uban lebih cepat meningkatkan faktor penyakit jantung dibandingkan obesitas pada kaum pria berusia di bawah 40 tahun. Hasil studi terbaru terhadap lebih dari 2.000 pria muda di India menunjukkan, mereka yang mengalami kebotakan atau rambut beruban dini lebih berisiko kena penyakit jantung dibanding yang berambut lebat. Namun, Yayasan Jantung Inggris menyatakan, faktor risiko lain penting.

Rambut rontok yang mendadak secara tiba-tiba perlu anda waspadai karena jika dibiarkan akan sangat sulit tumbuhnya, segera periksa pada dokter kulit terdekat. Bisa jadi anda memiliki penyakit kulit yang rawan. Kebotakan atau dengan nama medis Alopecia terjadi dikarenakan kerontokan rambut bisa dikarenakan oleh beberapa factor seperti penuaan, gen keturunan, penyakit kronis, konsumsi obat-obatan, juga gaya hidup yang kurang sehat.

Mike Knapton, associate medical director Yayasan Jantung Inggris, Kamis ( 30/11 ), menyatakan, ” Itu menunjukkan identifikasi pria yang kehilangan rambut dan beruban dini membantu identifikasi risiko penyakit jantung. ”

Studi itu dilakukan pada 790 pria berusia di bawah 40 tahun yang menderita penyakit arteri koroner dan 1.270 pria sehat dengan usia sama sebagai kelompok pengontrol.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.

Iklan