Depresi pada ayah ternyata berdampak pada kesehatan mental anak. Demikian hasil studi oleh tim peneliti dari University College London ( UCL ) pada 14.000 keluarga di Inggris dan Irlandia. Hasilnya, orangtua berperan penting mencegah depresi pada remaja.

Gemma Lewis dari UCL, pemimpin studi itu, menyatakan, karena para ibu menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak, ibu kerap disalahkan saat remaja bermasalah mental.” Harapannya, temuan ini mendorong pria yang mengalami depresi untuk segera menjalani terapi, ” kata Lewis, Kamis ( 16/11 ).

Depresi ayah bisa mempengaruhi kesehatan mental anak-anak mereka saat anak sedang tumbuh kembang menuju remaja. Temuan studi baru penelitian yang dilakukan oleh University College of London, Universitas Northwestern, University College Dublin dan Cambridge University, menemukan hubungan antara depresi pada ayah dan anak-anak remaja mereka, terlepas apakah anak itu memiliki ibu depresi.

Dalam studi itu, para orangtua dan anak berusia 7,9, dan 13-14 tahun mengisi kuestioner tentang emosi mereka. Hasilnya, ada kaitan antara gejala depresi pada ayah dan gejala serupa pada anak mereka. Ini berarti perlu lebih terlibat aktif dalam pengasuhan anak.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.