Para penggemar selfie atau swafoto harap berhati-hati. Jangan sembarangan melakukan swafoto. Seorang wartawan di Provinsi Anhui, China, belum lama ini dipecat setelah melakukan swafoto sambil tersenyum saat meliput kecelakaan beruntun di jalur bebas hambatan yang menewaskan 18 orang.

Wartawan bernama Ling itu ditugaskan stasiun radio Fuyang FM87,7  untuk melaporkan tabrakan 30 mobil pada Rabu ( 15/11 ) pagi lalu di jalan tol Fuyang,  yang juga membuat 19 warga cedera. Dalam foto-foto hasil swafoto itu, seperti dilaporkan globaltimes.cn, Ling tersenyum sembari memegang kartu identitas wartawan.

Tersenyum saat berswafoto memang suatu keharusan dan tidak salah. Tapi, lihat dulu kondisi situasi di sekitarnya.  Sebab, senyum saat selfie bisa membuat seseorang dipecat. Itulah yang dialami Ling, penyiar merangkap reporter radio asal Provinsi Anhui, Tiongkok, tersebut kehilangan pekerjaan gara-gara berfoto di depan kendaraan yang rusak akibat kecelakaan.

Ia juga membuat tanda V dengan jari tangannya yang lain. Di belakangnya, terlihat dua kendaraan rusak dimuat ke trailer. Stasiun radio tempat Ling bekerja segera memecatnya.

” Tindakannya sangat tidak patut, ” ungkap stasiun radio itu di Sina Weibo, situs media sosial yang populer di China. ” Kami meminta maaf kepada masyarakat dan menyampaikan rasa duka yang mendalam bagi para korban, ” ungkap mereka.

ATO.