Sebuah agen periklanan di Thailand mengembangkan rompi cerdas yang dapat mengubah anjing kampung atau anjing liar menjadi petugas penjaga di jalan-jalan maupun gang-gang di kota Bangkok. Dilengkapi dengan kamera video tersembunyi, rompi itu juga memiliki alat yang memancarkan video secara langsung (live streaming) saat anjing-anjing liar pemakai rompi cerdas menggonggong. Tampilan video dapat dilihat di ponsel atau aplikasi komputer.

Dengan demikian, apa yang sedang dihadapi oleh anjing dapat disaksikan langsung oleh pemilik ponsel yang menyaksikan live streaming. Di hampir setiap kota di Thailand, memang terdapat anjing liar.

Anjing terlihat mengenakan ‘rompi pintar’ yang memiliki kamera video tersembunyi di dalam pusat pelatihan anjing di Bangkok, Thailand 31 Agustus 2017. REUTERS / Juarawee Kittisilpa.

Dilengkapi dengan kamera video tersembunyi, rompi ini memiliki sensor yang mentransmisikan video streaming langsung saat anjing menggonggong, menunjukkan apa yang anjing lihat melalui aplikasi ponsel dan komputer. ” Anjing liar bisa menjadi isyarat tanda akan ada bahaya bagi masyarakat,” kata Pakornkrit Khantaprap yang mengemukakan ide di agen periklanan Cheil, anak perusahaan Samsung Electronics Korea Selatan. .

Tim pengembang rompi cerdas berpendapat, produk mereka dapat membantu komunitas maupun anjing-anjing. ” Rompi cerdas membuat orang merasa anjing liar dapat berperan sebagai penjaga malam bagi komunitas, ” ujar Pakornkrit Khantaprap (28), anggota tim kreatif yang memunculkan ide rompi cerdas untuk perusahaan periklanan Cheil , anak perusahaan Samsung Electronics.

Martin Turner, Direktur Pelaksana Yayasan Soi Dong, yang bertujuan menyelamatkan anjing liar, menyambut baik prakarsa pembuatan rompi cerdas. Proyek ini dimulai pada Maret silam dan membutuhkan waktu lima bulan untuk menghasilkan produk nyata.

Reuters / ATO