Sungguh mulia perbuatan perempuan warga kota Omaha Negara Bagian Nebraska Amerika Serikat ini. Dawnetta Heinz, perempuan itu, meminjamkan baju pengantin miliknya secara gratis kepada calon pengantin yang dananya cekak. Sejak sebulan lalu, Heinz meminjamkan baju pengantin miliknya kepada calon pengantin yang tak mampu membeli baju pengantin baru.

Kepada koran Omaha World-Herald, Heinz bercerita, ia membeli baju pengantin saat ada promosi seharga 550 dollar AS (sekitar Rp 7,2 juta) di toko perlengkapan pengantin di Omaha. Ia menawarkan jasa peminjaman baju pengantin secara gratis melalui Facebook. Dalam waktu 48 jam, selusin perempuan menyatakan minat meminjam baju pengantinnya.

Gaun pengantin Dawnetta Heinz bisa disewa kepada calon pengantin secara gratis. Kepada calon pengantin dia berkata, ” Silahkan dipakai gaun ini selama pesta pernikahan berlangsung. Anda tak perlu bayar. ” Ilustrasi : Handining.

Dawnetta Heinz mulai menyewakan gaun pengantin miliknya sebulan yang lalu kepada calon pengantin wanita yang tidak mampu membelinya. Gaun pengantin tanpa tali dengan korset manik-manik telah dipinjam oleh dua pengantin lainnya. Setidaknya delapan calon pengantin lainnya menyatakan minatnya untuk meminjam gaun.

Heinz mengatakan, ia pernah mengalami hidup sulit, bahkan pernah menjadi tunawisma, sebelum akhirnya bisa bekerja bersama suaminya, sebagai pelatih pribadi. Ia ingin meringankan beban calon pengantin yang tak punya dana cukup. Hingga kini, gaun pengantinnya sudah dipinjam dua pengantin.

” Saya merasakan hal yang luar biasa, ” ujar ValarieFitzgerald (28), salah seorang peminjam baju pengantin itu. Dengan memakai baju pengantin pinjaman Heinz, ia merasakan ada ikatan batin dengan Heinz dan para perempuan lain yang akan memainkannya di kemudian hari. ” Saya tak sabar ingin melihat, hingga sejauh mana baju (pengantin) ini dipakai pengantin lain, ” katanya.

AP / SAM.