Penelitian terbaru menemukan bahwa manusia modern ( Homo Sapiens ) lebih tidak pilih-pilih makanan dibandingkan manusia purba, Neandertal. Banyaknya variasi makanan ini dianggap sebagai salah satu kunci sukses Homo Sapiens. Selain memakan mamut (gajah purba ) sebagaimana Neandertal, Home Sapiens juga memakan aneka jenis tanaman.

Homo erectus memasak bersama komunitasnya. Cara makan paling optimal untuk manusia sejak jaman purba adalah makan daging. Mereka berburu binatang lalu menjadikannya masakan bernutrisi tinggi. Selain daging binatang hasil berburu dan meramu, manusia purba juga memakan tumbuhan seperti, buah, jamur, umbi-umbian, dan sayuran di hutan.

Peneliti makanan manusia purba, Herve Bocherens.

Temuan ini dipublikasikan di Scientific Report pada 28 Juli 2017. Proporsi aneka jenis tanaman yang dimakan manusia modern jauh lebih tinggi dibandingkan Neandertal. ” Berdasarkan temuan kami, Neandertal dan manusia modern berkompetisi langsung dalam hal makanan, dalam hal ini Neandertal kalah, ” sebut Herve Bocherens, ketua tim peneliti dari Senckenberg Center for Human Evolution and Palaeoenvironment University of Tubingen, Jerman. Neandertal punah sekitar 40.000 tahun lalu.

Sumber : Kilas Iptek / MZW.