Penggunaan lensa kontak tidak bisa dilakukan sembarangan, khususnya lensa kontak sekali pakai. Setiap malam, saat hendak tidur, lensa kontak harus dilepas dan dibersihkan atau dibuang jika merupakan jenis sekali pakai. Namun, seorang perempuan Inggris berusia 67 tahun rupanya tak tahu bagaimana menggunakan lensa kontak.

Selama bertahun-tahun, ia tidak melepaskan lensa kontak, bahkan menumpuknya. Perempuan ini terus memasang lensa kontak yang baru hingga total ada 27 lensa kontak yang menumpuk di matanya.

Wanita Inggris baru sadar saat matanya kering tak berair, disebabkan pemakaian lensa kontak mata yang tak pernah dilepas saat tidur. Dokter mata yang memeriksa mendapatkan lensa kontak yang sudah lengket. Ilustrasi : Handining.

Media upi com melaporkan, perempuan tersebut merasa tidak nyaman di bagian mata.  Organ matanya terasa kering. Setelah dicek ke dokter, ternyata ada 17 lensa kontak yang sudah lengket satu sama lain.

” Tak satu pun dari kami yang pernah melihat seperti ini. Kami sangat terkejut karena pasien tidak menyadari apa yang terjadi. Lensa kontak itu bisa menyebabkan iritasi jika tidak dilepas atau tetap tertingga di mata, ” ujar Rupal Morjaria, dokter mata yang menangani kasus tersebut.

Setelah melepas 17 lensa kontak, dokter menemukan 10 lensa kontak lagi di dalam kelopak mata pasien. Pasien ini telah mengenakan lensa kontak sekali pakai selama 35 tahun dan tidak rutin ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Dokter di Inggris Rupal Morjaria shock setelah menemukan menemukan 27 lensa kontak di mata seorang wanita saat persiapan operasi katarak. Pasien merasa matanya tidak nyaman selama ini karena faktor usia. Foto : Rupal Morjaria.

Pasien wanita berusia 67 tahun itu tidak menyadari adanya lensa kontak dalam jumlah banyak di matanya. Dia mengaku memakai lensa kontak sekali pakai bulanan selama 35 tahun terakhir, tapi tidak melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter mata. Foto/Rupal Morjaria.

” Pada saat ini, ketika belanja lensa kontak secara daring sangat mudah dilakukan, orang justru tidak rutin memeriksakan kesehatan, ” papar Morjaria. Dokter lalu menuliskan kasus tersebut agar muncul kepedulian publik terhadap kesehatan mata.

” Lensa kontak dipakai terus sepanjang waktu. Namun, kalau lensa kontak tidak dimonitor secara tepat, orang dapat mengalami infeksi mata sangat serius yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, ” ungkap Morjaria.

LOK

Iklan