Twinsburg kota yang dikembangkan saudara kembar Roses dan Aaron Wilcox tepat dua abad lalu, kembali diramaikan oleh festival tahunan kebanggaan mereka : Festival Hari Kembar. Pada Sabtu (5/8), lebih dari 3.000 pasangan kembar mengikuti festival itu, membuat pengunjung yang tak memiliki saudara kembar merasa menjadi minoritas. Meski festival itu terbuka bagi saudara kembar lebih dari dua, esensi utama pesta itu adalah merayakan hidup sebagai pasangan kembar, baik identik maupun tidak.

Panitia di kota yang terletak di Ohio, Amerika Serikat, ini mengundang peserta menggunakan pakaian khas negara asal mereka. Acara yang digelar antara lain lomba mencari bakat, parade kembar, serta kontes untuk mencari pasangan kembar yang paling mirip dan paling tidak mirip. Banyak pasangan kembar yang hadir di Twinsburg mengamini ikatan yang ada di antara mereka, bahkan sejak sebelum lahir.

Festival hari kembar dirayakan cukup meriah. Serunya festival anak kembar terbesar di dunia. Twins Days Festival merupakan acara berkumpulnya anak kembar dan kelipatannya yang diklaim terbesar di dunia. Ilustrasi : Didie SW.

Pasangan anak kembar pria dan wanita, menyempatkan diri berpose untuk difoto,  saat bersiap mengikuti Festival Twins Days tahunan ke-42 di Twinsburg, Ohio (5/8). Festival kembar ini merupakan yang tersbesar didunia. (AFP Photo/Dustin Franz)

” Menjadi kembar sangat mengagumkan karena Anda langsung memiliki sahabat baik sejak lahir, yang tumbuh bersama. Tak ada yang memahami kita lebih dari saudara kembar kita, ” ujar Carolyn Barrington yang langsung diiyakan oleh Nathaliel kembarannya. Beberapa pasangan kembar menyesalkan saat ulang tahun, mereka harus berbagi perhatian orang lain dengan saudaranya.

Pasangan kembar berusia 20 bulan dari Cleveland, Noah dan Owen Jury duduk dimobil mainan saat Festival Twins Days tahunan ke-42 di Twinsburg, Ohio (5/8). Festival ini mengumpulkan orang-orang yang memiliki kembaran. (AFP Photo/Dustin Franz)

Mary Connors dari Columbus dan saudara kembarnya, Martha Newberry sedang berbincang dengan pasangan kembar lainnya saat Festival Twins Days tahunan ke-42 di Twinsburg, Ohio (5/8). (AFP Photo/Dustin Franz)

Sejumlah pasangan kembar tengah melakukan sesi foto dalam Festival Twins Days tahunan ke-42 di Twinsburg, Ohio (5/8). Festival ini telah diadakan ke-42 kalinya dan terbesar di dunia. (AFP Photo/Dustin Franz)

Namun, keluarga dan kehidupan sosial menjadi sisi positif yang menguntungkan. Ada juga pasangan kembar yang sangat identik, seperti Jack dan Jon Anderson yang bahkan membuat ibu mereka bingung membedakan satu sama lain.

AFP / WAS / Foto : lifestyle.liputan6

Iklan