Kayu putih tidak hanya untuk minyak gosok saja, tetapi bisa dibuat menjadi permen pencegah sariawan. Permen kayu putih ( cajuput candy ) mampu menekan pertumbuhan Candida albicans, mikroga penyebab infeksi pada sariawan atau luka di rongga mulut. Cajuput candy juga dapat melegakan tenggorokan, mencegah iritasi, mengobati luka, melemaskan otot, menghambat jamur dan anti cacing.

Di tangan dosen Institut Pertanian Bogor, Hanny Wijaya, tanaman kayu putih digunakan sebagai bahan baku pembuat permen. Tanaman kayu putih biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku minyak oles penghangat tubuh.

Permen ini efektif sebagai obat demam dan batuk berdahak. Penelitian manfaat permen kayu putih untuk mencegah sariwan dilakukan Hanny Wijaya, peneliti dan Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor sejak 1996. Penelitian terbaru menghasilkan cajuput candy nonsukrosa dengan tekstur lebih lunak dan lembut di mulut. Produk  ini selain mendapat penghargaan di dalam negeri juga mendapat pengakuan sebagai ASEAN Food Product pada 13th ASEAN Food Conference 2013 di Singapura.

Sumber : Kilas Iptek / * ELN.

Iklan