Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB alias Medco menyebutkan, seluruh terumbu karang yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia (worldheritage) akan menghilang pada tahun 2100 jika laju pemanasan global masih terjadi seperti saat ini. Dalam informasi yang dirilis situs resmi UNESCO, Jumat (23/6), disebutkan, peningkatan suhu lautan dalam tiga tahun terakhir telah menyebabkan 21 dari 29 terumbu karang warisan dunia mengalami pemutihan alias bleaching.

Menurut Tekno Tempo, pemanasan global telah menghancurkan mekanisme pertahanan terumbu karang. Hal ini terjadi selama cuaca luar biasa panas, seperti selama El Nino. Cuaca ini tak selalu membunuh, karang akan pulih ketika air kembali dingin. Pemutihan karang terjadi ketika air yang hangat menghilangkan ganggang yang memberi warna-warni dan nutrisi untuk terumbu karang.

Pemutihan terparah terjadi pada terumbu yang jadi ikon global, seperti Great Barrier Reed ( Australia ), Papahnaumokukea ( Hawai, AS ), Lagoon of New California ( Perancis), dan Alasanya Still ( Seychelles

Sumber : Kilas Iptek : AIK.

Iklan